20170121

[ Tipologi Bangunan: Rumah Sakit ] The Richard Desmond Children’s Eye Centre


Related image

"Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat."


Berdasarkan jenis pelayanannya rumah sakit dapat digolongkan menjadi :
  1. Rumah Sakit Umum
    Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat dasar, spesialistik dan subspesialistik. Rumah sakit umum memberi pelayanan kepada berbagai penderita dengan berbagai jenis penyakit, memberi pelayanan diagnosis dan terapi untuk berbagai kondisi medik, seperti penyakit dalam, bedah, pediatrik, psikiatrik, ibu hamil, dan sebagainya.
  2. Rumah Sakit Khusus
    Rumah sakit khusus adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi primer, memberikan diagnosis dan pengobatan untuk penderita yang mempunyai kondisi medik khusus, baik bedah atau non bedah, misal : Rumah Sakit Ginjal, Rumah Sakit Kusta, Rumah Sakit Jantung, Rumah Sakit Bersalin dan Anak, dan lain-lain.

Dan The Richard Desmond Children’s Eye Centre, sesuai dengan namanya, tergolong dalam rumah sakit khusus yang memberikan jasa pelayanan medis khusus mata bagi pasien anak-anak.

Image result for . The Richard Desmond Children’s Eye Centre INTERIOR

Klinik anak-anak terbesar di dunia oftalmologi ini dibuka pada tahun 2011 di Islington (London) sebagai perluasan ke Rumah Sakit Mata Moorfields. Klinik ini menyatukan keahlian medis ternama dari rumah sakit sangat diakui dengan dasar penelitian dari Institut Ophthalmology dari University of London. Arsitek Penoyre & Prasad memasukkan klinik baru di kompleks bangunan yang ada. Klinik dibuat sedemikian efektif, seperti "rumah sakit dalam rumah sakit" dan telah memenangkan penghargaan untuk arsitektur. Menydiakan jasa operasi harian, klinik rawat jalan, fasilitas penelitian dan kamar untuk keluarga pasien. Terdapat pula lorong yang langsung menghubungkan bangunan utama dan Anak Eye Centre.

Sifat terbatas dari kompleks dari jalan kota serta tata letak internal logis dari klinik menjadi alasan pengaturan vertikal yang jelas dari ruang dalam bangunan lima lantai. Hal ini menjamin koneksi yang diperlukan untuk ruang operasi di lantai pertama dan unit penelitian pada kedua. Fokus visual bangunan di lantai atas luas, platform yang masuk mengkilap di dalamnya terdapat ruang tunggu, toko, kafe serta bagian penerimaan. Daerah klinik ini secara khusus dirancang dengan cara yang ramah untuk anak, untuk membantu pengobatan dan mendukung pemulihan mata mereka. Pengalaman berpotensi traumatis menjadi positif karena tata letak yang jelas memberikan rasa aman; skema warna dan karya seni, serta area bermain dan relaksasi yang luas, memastikan lingkungan yang ramah bagi anak-anak dan keluarga mereka.

 Façade cladding yang unik di sisi selatan bangunan di jalan Peerless tentu menarik mata. Kaca façade dilindungi dari sinar matahari dengan konstruksi terbuat dari I-SYS kabel baja stainless oleh Carl Stahl dan kisi-kisi jendela aluminium ditempatkan dan dapat dilipat secara bebas. Pencahayaan yang tidak biasa di depan gedung, dirancang dan dipasang oleh Lightscape Proyek, merupakan elemen desain integral yang menarik perhatian orang di malam hari.

Coloured lights dance on the facade louvres


Serangkaian I-SYS kabel stainless steel dengan diameter sepuluh milimeter ditangguhkan dari atap ke bagian bawah lantai pertama. Dirancang khusus I-SYS clamps oleh Carl Stahl menjamin pengaturan individual dari kisi-kisi jendela aluminium yang mengubah cahaya sesuai dengan rencana arsitek. Memproyeksikan orange bay menerobos melalui kabel pada façade yang menunjukkan bagian yang paling sering dikunjungi bangunan, yaitu pasien rawat jalan yang menunggu wilayah utama di lantai tiga.

Pencahayaan berwarna-warni menarik perhatian di malam hari. Terdapat LED pada lubang sempit di antara jendela dan kabel suspensi menerangi gedung dalam kombinasi merah, hijau dan biru. Cahaya jatuh pada bagian bawah kisi-kisi jendela aluminium yang dilipat sehingga menghasilkan efek yang menarik dan façade yang secara visual berubah permanen.

The most important visual element of the centre is the façade. It features a swarm of folded aluminium louvers, seemingly placed in a random way, that minimise solar gain while giving the building a unique visual identity. And when the sun starts going down, a specially programmed lighting sequence makes the louvers come alive with colour, giving the centre a rainbow-coloured glow. –Penoyre & Prasad

Gambar Proyek:

Location Plan
Site Plan
Site Plan
 Denah Lantai 1



Ground Floor Plan
Denah Lantai 2-5
Second Floor Plan
Potongan
Section
Tampak Depan
Front Elevation
Interior:
Image result for . The Richard Desmond Children’s Eye Centre INTERIOR
Image result for . The Richard Desmond Children’s Eye Centre INTERIOR
Related image

Gallery:








Image result for . The Richard Desmond Children’s Eye Centre floor plan

Secara keseluruhan, desain The Richard Desmond Children’s Eye Centre menawarkan pengalaman bertekstur dan menarik, rasa penemuan untuk pasien muda yang mungkin menemukan pengobatan mereka berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Program seni terpadu meliputi pencahayaan, interior dan façade pintu masuk yang menampilkan pengaturan inovatif ditempatkan secara bebas kisi-kisi aluminium dilipat meminimalkan keuntungan matahari dan menciptakan kehadiran jalan ikonik.


Sumber:
  • https://fendhyuhamka.wordpress.com/2011/10/02/klasifikasi-rumah-sakit/
  • http://www.archello.com/en/project/richard-desmond-children%E2%80%99s-eye-centre
  • http://openbuildings.com/buildings/the-richard-desmond-childrens-eye-centre-moorfields-profile-39744/media
  • http://www.designfather.com/the-richard-desmond-childrens-eye-center-by-penoyre-and-prasad/
  • http://www.worldarchitecturenews.com/project/2009/11559/penoyre-and-prasad/richard-desmond-children-s-eye-centre-in-london.html

No comments:

Post a Comment